Selasa, 22 Februari 2011

Npm : 21210532
Kelas : 1EB12

StudyTour Bali dan Yogyakarta

Sebuah pengalaman yang tidak bisa dilupakan dan menjadi pengalaman yang berharga untuk diri saya pribadi dan bisa saya katakana juga untuk teman-teman saya.ini adalah perjalan yang seru dan penuh keceriaan diantara kami semua. Mengapa? Karena ini adalah perjalanan saya dan teman-teman saya untuk melakukan studytour ke provinsi seribu pura dan provinsi yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu gudeg, yang tentunya bukan merupakan sebuah provinsi yang asing lagi untuk semua masyarakat Indonesia dengan kedua daerah tersebut.
Sewaktu saya masih duduk dibangku Sekolah Mengah Atas (SMA), saya mempunyai pengalaman dan kenangan yang menurut saya itu merupakan adalah yang teringat sampai kapanpun. Karena sekolah saya akan mengadakan studytour ke Bali dan Yogyakarta untuk angkatan saya dan teman-teman saya. Kami sangat menyambut baik hal tersebut, karena itu merupakan hal pertama kali kami akan berlibur dan belajar bersama-sama keluar daerah.
Biaya yang terjangkau menambah keinginan kami semua untuk bisa pergi semua tanpa terkecuali, tetapi tidak ada paksaan untuk yang tidak bisa ikut karena hal keuangan. Tentunya kami yang bisa ikut studytour cukup maklum dengan masalah yang dihadapi oleh teman-teman saya yang tidak bisa ikut.
Kami semua akan berangkat pada tanggal 7 s.d 13 Mei 2009. Yang akan menggunakan Bus menuju daerah tersebut. Kami kesana dengan tujuan untuk belajar dilapangan langsung atau diluar sekolah. Jujur saja kalo belajar tidak keluar luar kota seperti itu saya sangat bosan, tidak hal-hal baru yang akan saya dapatkan dan tidak akan bisa melihat langsung objek pelajaran yang menjadi tujuan kami.

Sehari sebelum berangkat saya harus mempersiapkan segala kebutuhan saya untuk selama diperjalan dan untuk ditempat tujuan, karena kami tidak melakukan perjalanan yang dekat. Jadi, harus benar-benar dipersiapkan dengan baik agar tidak menyusahkan diri sendiri tentunya. Baju dan makanan menjadi sesuatu yang saya persiapkan dengan baik, tidak lupa uang saku untuk disana nanti. Uang saku itu sangat penting, karena unutk membeli oleh-oleh dari Bali dan yogya. Saya pun tidak sabar menunggu hari esok untuk berangkat bersama teman-teman saya.
Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, saya sudah bangun dari pkl 04.30 karena kami akan berangkat pkl 06.30. dan memeriksa lagi barang bawaan saya jangan sampai ada yang tertinggal saya pun berangkat menuju sekolah saya, karena kami berkumpul disana.
Setelah sampai, saya menuju bus yang telah ditentukan, kursi dibelakang menjadi tujuan saya yang pertama, karena tidak suka kalau harus duduk didepan. Panitia pun memeriksa kembali siswa yang akan berangkat, jangan sampai ada anak yang teringgal. Setelah semuanya merasa lengkap. Tepat pkl 06.30 bus kami pun segera melaju dengan pelan.
Saya sangat merasakan senang karena pergi bersama teman-teman sekolah dan angkatan saya. Dibus kami semua sangat menikmati perjalan itu, sambil diiringi alunan petikan gitar kami semua bernyanyi bersama menggambarkan suasana hati kami semua. Selain itu juga, kami bercanda yang menyebabkan kami semua tertawa.
Perjalan yang akan kami tempuh 2 hari 1 malam yang pastinya lebih dari 24 jam, hmhmhm…sebuah perjalan yang melelahkan. Tetapi, itu tidak menyurutkan rasa senang kami semua. Dan rasa lelah itu meskipun terasa ditubuh tapi kami semua tetap semangat dan penuh rasa gembira selama diperjalanan.
Tidak terasa malam pun sudah menjelang, kami semua harus bermalam didalam bus yang melaju cukup hati-hati. Hal yang baru pertama dirasakan adalah tidur dikursi, yang sebelumnya tidak saya dapatkan bersama teman-teman. Karena biasanya kami tidur diatas kasur yang lembut, hal ini pun agak cukup menyulitkan kami semua, mungkin tidak terbiasa. Badan pun semuanya pegal sekali. Tetapi itulah yang menjadi sebuah kenangan dan merupakan kebersamaan kami.

Pagi pun sudah tiba, dengan badan yang sangat pegal, kami semua harus bangun untuk bersih-bersih. Kami hanya sikat gigi dan cuci muka, tidak ada yang mandi. Kecuali kalau berhenti untuk makan di restaurant dengan waktu yang cukup untuk mandi.
Perjalan itu pun sangat menyenangkan untuk kami semua, lagi! Petikan gitar mengiringi perjalan kami. Sudah tidak sabar rasanya untuk cepat-cepat sampai dibali. Selama perjalan pun yang kami lakukan hanya tidur, bernyanyi, menonton film dan melihat-lihat pemandangan sepanjang jalan.
Waktu yang cukup lama dijalan dan rasa lelah itu pun hilang setelah kami sampai di pelabuhan gilimanuk, bali. Kami pun menyeberangi pulau dengan menggunakan kapal feri. Kami semua memanfaatkan indahnya laut dengan berfoto dan menjadi moment jika kita sudah dijakarta lagi.
Kami pun sampai bali sekitar pkl 05.00 waktu setempat, kami harus melakukan perjalanan lagi menuju hotel yang jaraknya cukup jauh dari pelabuhan. Sebelum itu kami makan disebuah restaurant dengan makanan bali yang tidak bisa hanya untuk dilihat saja. Dan kami pun istirahat sejenak melepas rasa lelah yang cukup membuat tubuh lemah.
Perjalanan pun dilanjutkan, setelah kenyang mengisi perut kami tertidur. Karena jaraak yang cukup jauh itu membuat kami tidak bisa tahan lagi untuk melakukan aktifitas di bus. Akhirnya kami pun sampai hotel sekitar pkl 23.00, semua check in kamar sesuai yang telah ditentukan. Sampai kamar kami mandi dan juga harus beristirahat lagi, karena besok pagi kami harus melakukan perjalanan lagi menuju objek-objek wisata dibali.
Matahari pun sudah terbit dengan cerahnya, kami semua sarapan setelah itu menuju bus dan melakukan perjalan munuju objek wisata. Banyak objek wisata disana yang kami kunjungi seperti Tanjung Benoa, Sangeh, Bedugul, Kintamani, Pantai Kuta dan masih banyak lagi. Selain itu kami juga menikmati tarian khas pulau dewata tersebut yaitu tari barong. Dan juga kami mengunjungi pusat oleh-oleh khas bali seperti pabrik kata-kata joger, pasar sukowati, dan masih banyak lagi.

Kami berada dibali selama 3 hari saja, meskipun waktu yang sangat kurang untuk kami semua. Tetapi, kami semua tetap senang berada di bali bersama teman-teman. Waktu pun tidak terasa 3 hari sudah kami berada disana dan haru pulang menuju Jakarta tetapi, sebelum ke Jakarta kami ke kota Yogyakarta dahulu karena kota yogya menjadi tujuan study tour kami
Perjalan dari bali menuju yogya memakan waktu selama 1 hari 1 malam. Dan kami pun berangkat dari bali menuju yogya untuk studytour. Selama diperjalan menuju yogya kami semua bercerita selama berada dibali dan mengingat-ingat hal-hal yang lucu selama berada dibali. Waktu perjalan pun terasa cukup melelahkan kami semua. Dengan keadaan jalan yang diguyur hujan cukup deras, kami terttidur karena terbawa suasan yang dingin dan juga kondisi tubuh yang sudah capek.
Kami pun tiba di yogya sekitar pkl 16.00 dan kami pun sudah check in kamar untuk beristirahat. Karena berada diyogya hanya 1 hari saja kami haru beristirahat yang cukup untuk besok pulang kejakarta.
Objek wisata diyogya pun banyak yang kami kunjungi seperti candi Borobudur, ketapas, dan masih banyak lagi. Selain itu kami juga mengunjungi pusat oleh-oleh yogya yaitu malioboro Yang sudah tidak asing lagi.
Setelah berada di yogya selama 1 hari, kami pun langsung pulang menuju Jakarta. Sebelum itu kamai mampir ke goa jatijajar. Setelah mampir ke goa jatijajar kami langsung menuju Jakarta. Rasa lelah lagi-lagi dirasakan tubuh kami semua. Kami pun tertidur pulas karena capek setelah melaksanakn aktivitas yang penuh selama di yogya dan bali.
Setelah menempuh waktu yang lama dari yogya ke Jakarta, kami pun terbangu setelah mengetahui bahwa sudah sampai dijakarta. Kami sampai dijakarta sekitar pkl 02.00 (dini hari). Itulah cerita saya dan teman-teman selama perjalan ke bali dan yogya. Sebuah kenangan yang indah dan tidak bisa dilupakan oleh kami semua.